Beranda > mesin pencari > Google Desktop

Google Desktop

9 Januari 2010

Lanjutan dari pembahasan tentang software gratis dari google, kali ini saya akan menjelaskan kembali tentang google desktop.
Mungkin Anda pernah merasa jengkel karena susahnya mencari suatu file penting yang ada di komputer. Padahal file itu sangat penting untuk digunakan waktu itu juga. Lalu bagaimana cara pintar untuk menemukan file itu diantara 1000 file di harddisk Anda??
Google Desktop merupakan salah satu solusinya. Google Desktop memiliki kemampuan yang unik untuk menemukan file-file yang ada pada komputer Anda. Selain berbasis web, desktop ini dapat terhubung juga dengan halaman fasilitas google lainnya, sehingga anda cukup mmanfaatkan sistem ini dalam melakukan berbagai pencarian.

Google Desktop sangat membantu untuh hal-hal pencarian informasi. Tidak hanya berupa file, namun kemampuannya untuk melakukan pencarian dalam data-data dengan berbagai format cukup mengagumkan. Ketika Anda melakukan pencarian dengan Google Desktop, maka secara default, pecarian dilakukan juga terhadap e-mail, chating anda, serta halaman web yang pernah Anda kunjungi ketika online dengan internet. Ketika Anda mengunjungi suatu halaman web, membaca e-mail, atau bahkan melakukan chating dengan AIM Chat, Google Desktop menyimpan informasi tersebut ke dalam cache-nya. Sehingga ketika suatu saat Anda membutuhkan informasi dan mencarinya dengan menggunakan Google desktop, maka Google Desktop akan memberitahukannya kepada Anda.
Waktu pencarian pun sangat cepat apabila dibandingkan dengan menggunakan Windows Explorer. Anda bisa menentukan tipe pencarian, apakah ditunjukan untuk semua file yang didukung oleh Google desktop, atau hanya tipe-tipe tertentu saja. File yang mempunyai password juga dapat dengan mudah dicari (word, excel). Anda juga bisa menambahkan Plug-ins untuk menambah pencarian tipe file selain yang pada saat instal program itu pertama kalinya. Standarnya Tpe pencarian file hanya pada E-mail, Chat, Web, Word, Excel, Power Point (ppt), PDF, Text. Tinggal buka saja Desktop Preferences Google Desktop lalu download dari internet.
Anda juga dapat sesuka Anda meletakan Search Box. Deskbar, Floating Deskbar, atau tidak menaruhnya terserah Anda. Anda juga dapat mengatur jumlah hasil pencarian. Bisa 10, 20, 30, 50, dan 100.
Mungkin Anda juga merasa takut karena bagaimana apabila file-file rahasia Anda di ambil google. Tapi tidak perlu kwatir, Google sudah mempunyai komitmen bahwa tujuan aplikasi tersebut hanyalah ingin membantu pengguna komputer untuk mencari data-datanya.
Download
Febrian, jack.2008.Menjelajah Dunia dengan Google.Bandung:Informatika Bandung

Kategori:mesin pencari
%d blogger menyukai ini: